Senin, 23 Mei 2016

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Ramadhan

 sumber gambar dari sini



Bulan suci nan penuh berkah sebentar lagi tiba. Karenanya, sebagai muslim dan muslimah kece, kita harus bergembira menyambut ramadhan. Kenapa begitu? Karena, bulan ramadhan ini adalah bulan di mana segala amal dibalas dengan berlipat ganda, namun jangan lupa, syarat dan ketentuanya berlaku, ya. ^_^

Bahkan, Rosulullah saw., pernah bilang seperti diriwayatkan oleh Ath-Thabrani, “Andaikan para hamba mengerti kebaikan yang ada di dalam Ramadhan, niscaya umatku menginginkan Ramadhan sepanjang tahun”

Wow! Berarti memang kita pantas bergembira menyambut bulan suci ramadhan, karena di dalamnya amat sangat melimpah kebaikan dan keberkahan.

Nah, jadi bukti kita bergembira itu apa?
Cuma majang status di medsos aja gitu, sambil ngasih emot senyum, thok? No, dears. Bukti kita bergembira menyambut bulan suci ramadhan tidak cukup dengan apdet status di medsos. Lebih dari itu. Bentuk konkret dari bergembira menyambut ramadhan adalah dengan mempersiapkannya secara maksimal.

Pernah ngalamin yang namanya audit? Atau kalau belum pernah, sini saya beri tempe. Audit yang pernah saya alami itu ya audit ketika saya masih bekerja di pabrik. Segala hal, mulai dari hal-hal besar sampai segala macam tetek bengeknya (kalau orang jekardah bilang), benar-benar dipersiapkan dengan sangat rapi. Karena, ingin mendapatkan hasil audit terbaik. Apalagi kalau yang ngaudit nya sacho (pemimpin tertinggi) langsung. Beuh, benar-bener all out kita mempersiapkannya. Sampai-sampai kepala jadi kaki, kaki jadi kepala, istilahnya. Karena audit dan para auditor itu laksana tamu agung yang paling istimewa.

Nah, Ramadhan pun analoginya bagai audit. Bahkan ‘Auditor’ nya langsung Allah, nih, dears. Masa sih, kalau diaudit sama manusia kita bisa rapi, tapi diaudit sama Tuhan kita, enggak ada persiapan sama sekali? Aww. #GigitBambi

Tapi bedanya, tentu saja ada. Kalau diaudit sama manusia, kita ingin auditnya segera berakhir, hahaha. Kalau ‘diaudit’ dengan datangnya Ramadhan, kita bisa-bisa pengen lagi lagi lagi dan lagi….

Jadi, ini dia 6 hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan.


Memaafkan dan meminta Maaf


Pernah ngerasain sakit hati? Nah, segeralah memaafkan. Dengan hati yang amat lapang, selapang stadion Gelora Bung Karno, kalau bisa.
Dan, jangan lupa, kita pun dengan atau tanpa kita sadari, pasti kita sudah bikin orang lain sakit hati. Maka, segeralah minta maaf. Karena kalau minta duit, belum tentu dikasih. #plak.

Emang segitu pentingnya ya, minta maaf dan memafkan? Oalah, dears. Penting banget. Karena orang yang bergembira itu tidak sedang sakit hati atau menyakiti. Lagi pula, menjalankan ibadah Ramadhan akan lebih tenang bila hati sudah lapang. Termasuk memaafkan orang yang ngutang tapi enggak bayar-bayar? Yang kalau ditagih malah galakan dia? Yap. Termasuk itu. :D Kita maafkan saja, sambil berdoa sama Allah, semoga yang begitu diberi hidayah. :v Dan rezeki kita lebih berkah dan melimpah. Aamiin.
Jadi, yuk saling memaafkan. #Maafkan yang nulis blog ini juga ya.


Bersih-bersih

Kemarin, saya lihat, berbagai masjid dan mushola mulai membenahi ruangan dan bangunannya. Kebanyakan dari mereka sih dicat ulang.
Nah, kita pun demikian. Usahakan rumah kita walaupun sederhana, tapi rapi, bersih. Enggak perlu di cat ulang juga enggak apa-apa, kecuali kalau emang ada dananya. Tapi jangan karena kelebihan dana, temboknya malah ditempelin wallpaper gambar eskrim. Duh, nanti malah ngeces pas puasa.
Jadi, intinya, dicat itu opsional. Tapi, bersih itu krusial.

Dan bersih-bersih juga bisa bermakna membersihkan segala kekotoran yang ada di hati. Pokoknya lahir batin harus bersih. Termasuk bersih dari kenangan kalian bersama mantan. #Eaaaak #KeepJombloSampaiHalal #LohKoqNyerempet2Ini :p #OkeSip

Usahakan Bayar Puasa Kemarin

Yang udah lunas kodonya, wuih.... selamat! #BerartiBisaDongYaTraktirSayaPermen #Apasih


Shalat Wajib Jangan Telat

Suami saya, paling rajin banget ngingetin saya supaya sholat saya tepat waktu. Karena memang, salah satu berkahnya waktu, adalah saat kita bisa menjaga shalat tepat waktu.
Saya juga masih belajar, ‘ngerayap-ngerayap’ untuk bisa tepat waktu. Jadi, kita sama-sama belajar shalat tepat waktu, ya, guys.
Supaya kita enggak rajin pas ramadhan saja. Aamiin.


Biasakan ibadah Sunnah dan Baca AlQuran

Di antara ibadah sunnah adalah Qiyamulllail. Kita sudah tahu ya, keutamaan Qiyamullail itu bagaimana. Jadi, biasakan dari sekarang ya, dears. Supaya pas Ramadhan udah enggak perlu dikentongin dulu supaya bangun. Hehehe.
Termasuk membaca Al-Quran. Jangan sampai nanti kita terpaksa membaca Al-Quran di bulan Ramadhan. Karena, kata pepatah, ala bisa karena biasa. Jadi, biasakan dari sekarang ya, rajin baca Al-Qurannya. Masa, medsos dibaca, tapi Al-Quran enggak? #duh #GigitGadget


Jaga Kesehatan

Huaaaaa. Ini nih, nasihat buat diri sendiri banget. Pasalnya, saya sudah seminggu ini, memang rada kurang sehat. Jadi, nulis ini supaya diri saya lebih semangat untuk sembuh. Yuk, yang sekarang masih dalam proses pemulihan, semangat terus ya, supaya bisa sembuh dan menjalankan ibadah ramadhan dengan penuh energi.
Dan yang saat ini, masih diberi kesehatan, tetap jaga aset berharga itu ya, karena kalau udah sakit berasa mahalnya itu sehat. Beneran deh.

Oke deh, itu dia 6 hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan. Yang sebenarnya, lebih sebagai nasehat untuk diri sendiri. Tapi, kalau itu bisa menginspirasi teman-teman juga, ya Alhamdulillah.
Semoga kita dipertemukan dengan Ramdhan tahun ini, ya. Aamiin. Semangat!!!

Salam, ^_^
Djayanti Nakhla Andonesi
Pesona Griya

6 komentar:

  1. Saya sudah pasti dong akan melakukannya karena itu sangat penting sekali untuk kekhusuan ibadah yang akan dijalani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip sip sip. Makasih sdh mampir baca di blog ini pak.

      Hapus
  2. Makasih dijeee sharingnya... Hiks. Thenks ya...

    BalasHapus
  3. Makasih dijeee sharingnya... Hiks. Thenks ya...

    BalasHapus