Ini Keunikan Tempat Wisata Pantai yang Menawarkan Keindahan Alam di Bekasi

Masih ingat beberapa tahun yang lalu kota Bekasi di Jawa Barat viral dengan candaan bahwa kota ini berada di Planet lain dan jauh dari Jakarta. Belum lagi kotanya identik dengan panas, jalanan rusak dan selalu macet. Namun, dibalik itu semua, terdapat berbagai macam tempat wisata di bekasi yang benar-benar membuat kota ini menjadi berbeda. Kalau Bekasi yang jauh dari Jakarta disebut planet lain, kira-kira Karawang disebut apa ya, Galaksi lain?
Bekasi tentunya punya tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi saat musim liburan atau weekend. Kali ini Saya ingin berbagi informasi wisata berupa pantai yang ada di Bekasi. Letaknya memang tidak berada di tengah kota, namun tetap saja pantai-pantai  ini menawarkan keindahan tersendiri.

Berjalan di Jembatan Cinta Pantai Marunda


Mendengar nama Pantai Marunda, hal pertama yang teringat di pikiran kita adalah pantai ini seharusnya berada di Jakarta, tepatnya di bagian Utara. Betul, Pantai ini berada di Jakarta Utara, namun sisi lain dari Pantai Marunda ini juga menjadi miliki Bekasi. Secara geografisnya membuat Pantai Marunda  merupakan perbatasan antara Jakarta Utara dan Bekasi.

Jika memilih berkunjung dari Bekasi, pengunjung akan menemukan sebuah gerbang yang bertuliskan "Menuju Jembatan Cinta.” Jembatan ini letaknya berada dekat dengan perkampungan warga. Sesampainya di sana, ada sebuah dermaga dan sebuah jembatan yang diberi nama Jembatan Cinta. Meski diberi nama demikian, mengunjungi tempat ini tidak harus bersama pasangan, buat yang masih sendiri boleh juga kok! Oh ya, jembatan dan dermaga ini adalah bagian dari Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Kabupaten Bekasi. Tujuannya sederhana, dengan kehadiran dermaga ini nantinya diharapkan proses restorasi hutan Mangrove di Bekasi akan berjalan dengan baik. Apalagi sebelumnya Pantai Marunda ini sebenarnya sudah mengalami kerusakan yang cukup parah karena tidak dirawat.

Sisi alami Pantai Muara Bendera  Bekasi
Kegiatan di Muara Bendera
sumber gambar : tempatwisataunik.com
Sisi alami Bekasi akan terlihat jika pengunjung datang menuju Pantai Muara Bendera. Terletak di Desa Pantai Bahagia, Muara Bndera memiliki pesona yang cantik. Bisa dibilang pantai ini adalah yang paling asri dibandingkan dengan pantai-pantai yang lainnya. Pantai ini sendiri masih termasuk area hutan Mangorove yang akan diresotrasi dan dilindungi. Harus berhati-hati ya, di sekitar pantai akan ditemukan beberapa hewan liar seperti Buaya dan Lutung Hitam.

Pantai Mekar


sumber gambar : wisata-tanahair.com

Tempat wisata di Bekasi yang memiliki keindahan melalui pantai berikutnya adalah Pantai Mekar yang terletak di Desa Pantai Mekar. Hampir sama dengan beberapa pantai lainnya di Bekasi yang memiliki kawasan hutan Mangrove. Meskipun hutan Mangorve masih dalam tahap perkembangan untuk direstorasi, namun pengunjung masih bisa datang dan melihat keindahan alam di Pantai Mekar.
Keunikan yang bisa ditemukan di pantai ini adalah kehadiran Gazebo-gazebo yang sengaja di tempatkan di tengah laut. Biasanya Gazebo ini dijadikan sebagai tempat untuk memancing bagi warga dan nelayan yang tinggal di sekitar pantai. 
Sekarang, Gazebo ini ternyata bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai sambil menikmati keindahan laut dari bagian tengahnya.

4.  Pantai Muara Gembong
sumber gambar : pesonawisataindonesia.com


Terakhir, pantai di Bekasi dengan hutan Mangrovenya akan ditemukan di Pantai Muara Gembong. Hutan Mangrovenya seperti hutan-hutan yang ada di Kalimantan atau sebagian Indonesia Timur. Pengunjung berkesempatan untuk menyusuri Hutan-Hutan Mangrove ini dengan menggunakan perahu sampan, menikmati pemandangan pohon-pohon bakau di sekelilingnya serasa berada di alam liar. Berwisata di Pantai Mura Gembong dan menyusuri kawasan Mangrovenya biayanya sebesar Rp 70.000.

Namun, percayalah, pengunjung akan benar-benar terpuasakan dengan keindahan pantai-pantai yang ada di Bekasi karena dipenuhi dengan Hutan Mangrovenya.  Untuk dapat menikmati suasana pantai sekaligus Hutan Mangrove, pengunjung bisa membeli tiketnya langsung di situs resmi Traveloka.

Dari Rimba Afrika sampai Konstantinopel

‘Meledak!’ Satu kata yang paling mewakili isi buku ini, menurut saya. Eits, bukan isinya anarkis apalagi radikalis. Meledak yang saya ...