Sensasi baru Live streaming dan IDN live di IDN App, nih!

Maret 26, 2022

 


Media sosial pada zaman sekarang nampaknya sudah jadi kebutuhan orang-orang, dari kaula muda hingga kaula sepuh, hehehe. Bahkan, anak-anak juga sekarang sudah tidak asing lagi dengan permedsosan alias per-media sosial-an. Ada banyak faktor kenapa medsos begitu digandrungi oleh banyak usia.



Hm, mengingat teori Maslow tentang kebutuhan manusia, bisa jadi medsos saat ini, dijadikan oleh sebagian orang (sebagian ya, tidak seluruhnya) alat untuk memenuhi eksistensi atau aktualisasi diri. Karena terkadang, di dunia bukan maya, ada orang-orang yang belum merasa terpenuhi kebutuhan eksistensinya. Maka medsos nampak menjadi alternatif bagi orang-orang untuk eksis, selain terhitung mudah karena bisa di raih dalam genggaman telepon pintar. Mungkin akan lain lagi persoalannya, jika telepon belum sepintar sekarang :D

 Selanjutnya, diakui atau tidak, setiap orang juga butuh sebuah penghargaan, yang salah satunya bisa didapatkan melalui media sosial. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tidak sedikit orang-orang yang eksis di media sosial itu untuk memenuhi kebutuhan ingin dihargai, bukan? Tidak salah jika memang demikian, karena toh, penghargaan juga termasuk ke dalam kebutuhan dasar manusia, menurut Maslow. IMHO, asal tidak berlebihan saja, sih, ketika sedang berada di poin ini.

credit picture safetysign.co.id


Dan tidak jarang juga, pada sebagian orang yang mengalami krisis kasih sayang, media sosial seolah bisa mengambil peran untuk memediasi hal tersebut. Hanya saja, kita perlu sangat berhati-hati jika tujuan kita adalah ini. Karena, tidak semua hal yang ada di media sosial bisa kita telan mentah-mentah. Tidak semua warna putih di dalam medsos adalah putih, dan tidak semua yang warna hitam adalah hitam yang sejujurnya. Intinya harus lebih teliti dan hati-hati sih, ketika menggunakan medsos.

Awalnya, saya rasa medsos tidak akan bisa menjadi alternatif dari teori Maslow tentang rasa aman dan kebutuhan fisiologis. Tapi, ketika saya riset kecil-kecilan, ternyata medsos bisa juga  jadi media kedua hal ini. Contohnya, ketika ada hal yang membuat tidak nyaman atau tidak aman atau dalam kondisi membahayakan, kita bisa men-share informasi itu di media sosial, sehingga orang-orang yang membaca atau melihatnya bisa tahu lebih cepat dan bisa membantu sesuai yang diperlukan. Dan lagi-lagi dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian bagi kita sebagai penerima informasi itu, supaya tidak terjebak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Contoh lain, soal fisiologis, ketika ada yang butuh bantuan donor darah,  darurat bencana dan lain-lain misalnya yang membutuhkan bantuan logisitik yang otomatis itu berkaitan dengan kebutuhan dengan fisiologis manusia, ternyata bisa lebih mudah terbantu melalui informasi yang dibagikan di media sosial.

Nah, itu kan baru menurut teori Maslow yang saya  cermati kaitannya dengan media sosial, ya.

Ada hal lain lagi, yang lebih urgen, terutama bagi seorang muslim adalah, menggunakan media sosial sebagai ladang dakwah, ladang syiar, ladang menyebarkan seluas-luasnya kebaikan dan kebenaran. Alhamdulillah, walaupun dari zaman ke zaman tantangannya berubah-ubah, tapi benar ternyata dibalik kesulitan ada kemudahan. Jika tantangan itu adalah kesulitan, maka media sosial juga merupakan kemudahan dari Allah agar kita bisa menjadi muslim yang terus menerus belajar menjadi lebih baik lagi. Sebagai makhluk personal ataupun sebagai makhluk sosial.

credit picture : katapos.com


                Selain itu juga, ternyata media sosial juga bisa menjadi salah satu trik untuk menarik rezeki melalui karya-karya yang disalurkan, atapun marketing-marketing yang dijalankan melalui media sosial yang akhirnya menjadi cuan. Tapi perlu kita ingat juga agar senantiasa mencari cuan via medsos dengan cara yang halalan thayyiban, dengan cara yang benar dan sesuai tuntunan agama Allah.

                Pun, ada lagi nih, keuntungan lain dari adanya medsos adalah bisa jadi media hiburan. Ya, kita kan manusia ya, bukan robot. Jadi, wajar kalau butuh hiburan. Namun pastikan hiburan yang kita cari atau yang kita dapatkan di media sosial adalah yang baik-baik saja, yang tidak melanggar norma ataupun nilai agama.

                Dari sekian banyak yang saya uraikan di atas, tentu teman-teman sudah tidak perlu lagi bertanya media sosial itu apa saja kan, ya, jenisnya? Karena jenisnya itu buanyaaak, gaes. Bisa googling sendiri, lah, ya.. hihihi.

Nah, yang mau saya infokan sedikit disini adalah hal baru, di antaranya:

IDN Live bisa ditonton secara gratis di IDN App, lho!

 

 

Ya itu tadi ya, sebagaimana yang sudah diuraikan di atas panjang kali lebar kali tinggi, terkait kebutuhan manusia yang berkaitan dengan medsos, membuat perkembangan konten digital dalam format video semakin berkembang pesat dan cepat.  Setelah tren membuat vlog atau video blog dan short video, kini konten live streaming mulai banyak diminati. Apakah kamu termasuk salah satu peminatnya? Melalui live streaming, penonton punya peluang atau kesempatan untuk bisa berinteraksi secara real time dengan para streamer (orang yang melakukan live streaming), trust nya lebih dapet mungkin ya kalau live streaming, baik itu selebriti, influencer, musisi, gamer, ataupun publik figur lainnya.

 

Otomatis nih, dengan perkembangan dan potensi konten live streaming di tengah masyarakat Indonesia, IDN Media, perusahaan media platform untuk millennial dan gen Z di Indonesia, enggak mau ketinggalan dong untuk menghadirkan fitur live streaming bernama IDN Live. Nah, khusus IDN Live dapat diakses melalui aplikasi IDN App yang juga memuat berbagai bentuk konten lain dari media-media di bawah naungan IDN Media.

 

Mau tahu kan konten dan fitur apa saja yang ada di IDN Live, platform live streaming buatan anak bangsa ini? Cek selengkapnya keterangan-keterangan di bawah ini, ya. Nomor tiga mencengangkan! Hihihi.

 

 



1. IDN Live hadirkan konten live streaming yang beragam


Fyi, Live streaming bisa dikatakan sebuah konten yang dibuat dengan menampilkan kegiatan yang direkam secara langsung melalui kamera. Netizen mah mungkin sudah tidak asing dengan beberapa konten live streaming seperti mabar (main bareng) game online atau live shopping di platform e-commerce. Namun IDN Live menghadirkan konten live streaming yang jauh lebih beragam. Apa tuh?

 

Setiap harinya, para streamer di IDN Live membuat konten live streaming dengan ciri khas topik atau keahlian masing-masing. Mulai dari cerita bareng artis, tutorial makeup, nyanyi bareng, uji nyali horor, komedi, bedah buku, masak-masak, sharing seputar parenting, tanya jawab dengan psikolog, lelang barang, dan masih banyak lagi. Enggak sedikit juga hadiah yang dibagikan untuk penonton IDN Live dalam acara live streaming, lho! Temanku juga sudah ada yang membutktikannya. Hm, patut dicoba nih.

 

2. Bisa berinteraksi dengan streamer IDN Live lewat Virtual Gift




Daya tarik lainnya dari konten live streaming yaitu kesempatan penonton untuk berinteraksi dengan streamer favoritnya secara lebih real, baik melalui fitur live chat maupun karena konten yang ditayangkan minim proses editing. Streamer pun bisa langsung melihat dan menanggapi pesan dari para penonton yang ada di live chat. Jadi kesannya lebih dekat, gitu, jauh di map tapi dekat di live streaming, eaaaa.

 Selain itu, IDN Live juga menghadirkan fitur lain yang membuat interaksi antara streamer dan penonton jadi semakin menarik.

 

Dan kelebihan lain adalah ketika menyaksikan live streaming, penonton IDN Live juga bisa memberikan Virtual Gift bagi streamer. Kapan lagi bisa ngasih hadiah ekspress, ye kan?

Nah, Di IDN Live ada banyak Virtual Gift yang menarik, mulai dari makanan Nusantara seperti rawon dan sate (duh jadi laper!), hewan seperti komodo dan cendrawasih, barang mewah seperti jet pribadi dan motor sport, dan masih banyak lagi.

 

3. Beli Gold sesuai kebutuhanmu



Memberikan Virtual Gift juga bisa menjadi bentuk apresiasi untuk streamer favorit. Apalagi Streamer akan bisa melihat nama akun yang memberikan Virtual Gift saat live streaming berlangsung. Mungkin akan ada kebanggaan tersendiri jika seorang streamer yang kita idolakan menyebut nama kita langsung misalnya. Karena semakin banyak Virtual Gift yang diberikan, maka kesempatan mendapat sapaan balik atau ucapan terima kasih dari streamer akan semakin besar.

 

Untuk prosesnya, ketika sign up atau mendaftar di IDN App untuk pertama kali, kita akan langsung mendapatkan sejumlah Gold yang bisa digunakan untuk memberikan Virtual Gift pada streamer. Tapi jika emang lagi membutuhkan lebih banyak Gold untuk ditukar dengan Virtual Gift, bisa koq top up atau membeli Gold menggunakan pembayaran yang tersedia di Google Play atau App Store. Jangan khawatir, ada banyak pilihan jumlah Gold yang bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Asik banget, dah.

 

4. Download IDN App untuk gunakan fitur IDN Live



Semakin menarik ya nonton live streaming di IDN Live? Apalagi seluruh tayangan IDN Live dapat ditonton oleh siapa saja secara gratis! Tapi tentu saja untuk bisa gratis harus download aplikasi IDN App terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store. Baru setelahnya, bisa menemukan menu IDN Live di Home dan menyaksikan live streaming yang sedang berlangsung saat itu. Cus, download!

 

5. Ikut berpartisipasi sebagai streamer


Selain disediakan untuk penonton, otomatis aplikasi ini juga disediakan untuk yang ditontonnya ya, hehehe. Jadi bagi yang senang tampil di depan kamera atau yang punya hobi atau keahlian yang bisa dibagikan pada orang lain, bisa banget jadi streamer! Ya kali, mau jadi penonton terus? Heehe. Tapi itu pilihan sih, mau jadi stremernya boleh, mau yang menyaksikan live streaming nya juga boleh. Yang tidak boleh adalah, ketika yang ditonton atau yang dipertontonkan adalah hal yang melanggar norma-norma! Catat gengs, luvv.

 

Untuk menjadi streamer IDN Live, tentu tetap ada proses kurasi dan seleksi yang harus dilalui. Jika kamu tertarik untuk mendaftar, kamu bisa mengisi data diri kamu di formulir Pendaftaran IDN Live New Streamer. Jika memenuhi kriteria, nantinya tim IDN Live akan menghubungi kamu untuk menjelaskan proses selanjutnya.

You Might Also Like

0 komentar