ICE, sebuah terobosan baru di tahun 2023

Januari 24, 2023

 



Tahun baru, alhamdulillah, bulan baru alhamdulillah (pakai nada Lagu Baju Baru generasi old, hihihi).

Yup, alhamdulillah kita sudah ada di tahun masehi baru. Setelah kemarin mungkin kita punya sejarah dan peristiwa atau banyak hal yang dilalui di tahun 2022. Baik sebagai personal ataupun sebagai makhluk sosial. Dari yang pahit sampai yang manis, semoga bisa menjadi cermin untuk kita semua agar bisa menjalani kehidupan di tahun ini dengan lebih baik lagi. Karena untuk hal yang telah berlalu, kita tak akan pernah bisa merubahnya. Dan untuk hal yang belum terjadi, kita tak perlu risau menghadapinya. Namun kita punya Tuhan yang Maha Mengatur Segalanya.

Tapi, sebagai manusia kita juga perlu berusaha. Karena, walaupun Tuhan yang menentukan, tapi kita manusia punya kewajiban untuk berusaha menghadapi kenyataan.

Nah, ngomong-ngomong kenyataan, katanya nih, di Tahun 2023 diprediksi akan menjadi tahun yang cukup sulit. Hm, tapi jangan parno dulu ya guys ya...

Itu kan baru prediksi, yang diambil dari berbagai data dan riset, dimana kabarnya sekarang ini kondisi ekonomi belum stabil serta ancaman resesi masih akan membayangi dalam beberapa waktu ke depan.  Hal itu tentu saja membuat kita harus siap-siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan, entah itu kemungkinan yang baik ataupun sebaliknya. Dan ketika menghadapi kemungkinan yang kurang baik, alangkah baiknya kita jangan panik dulu, harus tetap tenang dan terus berdoa kepada Tuhan agar selalu di tolong dan dilindungi dalam setiap keadaan.

Tapi, doa saja kan tidak cukup ya, apalagi sebagai muslim juga kita diwajibkan untuk berikhtiar. Artinya, usaha bumi dan usaha langit harus dijalankan. Ikhtiar mendekat ke Tuhan dan ikhtiar melaksanakan kewajiban di muka bumi juga jangan ditinggalkan.

Resesi ini berpengaruh tidak hanya kepada kita sebagai personal tapi juga berpengaruh ke perusahaan-perusahaan. Maka setiap perusahaan sejatinya harus menyusun strategi khusus agar dapat bertahan dan melewati resesi, apalagi perusahaan ‘kan menyangkut hajat hidup orang banyak, jadi para pembuat kebijakan di setiap perusahaan pun harus memikirkan alternatif atau strategi-strategi tertentu agar sama-sama tidak memberatkan.

Pusing ya, kedengerannya? Emang! Hihihi.

Kendati demikian, prediksi kondisi ekonomi di tahun 2023 (yang terdengar pusing itu), tidak akan menghentikan IDN Media untuk menghadirkan inovasi atau terobosan baru di tahun 2023. Apa saja terobosan baru IDN Media di tahun 2023?

Sini, saya bisikkin, siapa tahu nambah inspirasi!

1. Perkembangan IDN Media sebagai platform media yang tech-driven

Sembilan tahun yang lalu tepatnya, yakni pada 8 Juni 2014, berdirilah IDN Media. Sudah tidak asing ‘kan ya namanya?

Nah, IDN Media ini sudah dikenal sebagai perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, yang saat ini memiliki lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU). Uwow! Banyak banget, sih.




Visi IDN Media adalah mendemokrasi akses informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Dengan visi tersebut IDN Media terus berkembang menjadi media platform berbasis teknologi dan terbagi atas berbagai macam unit bisnis dari empat kategori, yaitu IDN (content platform); IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia (digital media), IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (commercial); serta IDN Pictures dan JKT48 (entertainment). Cung, yang baru tahu kalau JKT48 ternyata adalah bagian dari IDN Media? Hehehe.

 

2. Pentingnya memiliki fundamental bisnis yang kuat

Walau badai menghadang, ingatlah ku kan selalu setia menjagamu!

Siapa yang masih ingat dengan lirik lagu jadul itu? Saya, saya. Hihihi.

Lirik di atas mengingatkan kita tentang berbagai dinamika makro di tahun 2022. Dan dengan dinamika itu ternyata IDN Media tetap berhasil menghadirkan berbagai inovasi dan berkembang menjadi perusahaan media yang menyajikan konten-konten yang membawa dampak positif untuk masyarakat Indonesia dari Aceh dan Papua. Wuiiiih!

Berdasarkan napak tilas perjalanan IDN Media setahun terakhir itu, ada pengalaman yang dapat dipelajari dalam menghadapi tahun 2022, yaitu pentingnya fundamental bisnis yang kuat agar dapat menghadapi faktor eksternal perusahaan. Jadi bener kata pepatah sih, belajar lah dari pengalaman.

Tapi, gimana caranya sih, supaya kita bisa memiliki fundamental bisinis yang kuat? Hm, kamu nanya? Kamu bertanya-tanya? Cepmek mode on. Hehehe.

Jadi gini, salah satu cara menciptakan fundamental bisnis yang kuat adalah dengan berkomitmen membangun bisnis yang memiliki nilai tambah bagi seluruh stakeholders.

Apa jawabannya? Komitmen!

Karenanya, dengan komitmen itu pula yang membuat IDN Media selalu semangat memberikan konten hiburan dan berita yang relevan untuk target audiens-nya yaitu Millennial dan Gen Z, sampai-sampai terdiri dari empat kategori. Niat banget kan?

Empat kategori bisnis yang dimaksud adalah content platform, digital media, commercial, dan entertainment. Nah, di tahun 2023, IDN Media akan fokus untuk terus menumbuhkan bisnisnya di keempat kategori bisnis tersebut. Kunci penting: fokus, guys!

 

3. Fokus kembangkan konten live streaming

Selain visi yang sudah disebutkan di atas, IDN Media juga memiliki visi untuk menumbuhkan bisnis live streaming. Karena live streaming ini diprediksi akan menjadi format konten yang semakin digandrungi anak muda di masa depan. Bener sih, sekarang saja buanyak koq, yang makin sering menggunakan fasilitas live streaming ini, walaupun istilahnya bukan selebriti atau selebgram, baik yang masih muda ataupun yang sudah sepuh.

Dan, berdasarkan hasil riset Indonesia Gen-Z Report 2022 yang dibuat oleh IDN Research Institute, ternyata Gen-Z lebih menyukai format konten berbasis video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua setelah konten video (75%). Hm, sebuah fenomena teknososial saya menyebutnya.

 Maka dari itu, untuk mengakomodasi kebutuhan Gen-Z akan konten live streaming, saat ini IDN Media memiliki IDN Live di platform IDN yang menyediakan konten live streaming.

Sebagaimana komitmen IDN Media dalam visi-visinya, di awal tahun 2023 ini dibuktikan dengan meluncurkan sejumlah fitur baru di IDN Live, platform live streaming di aplikasi IDN, yaitu UGC feature, redemption, dan referral.


UGC feature ini memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berkarya menjadi streamers di IDN Live. Mesti dimanfaatkan dengan baik nih fitur ini. Karena tentunya, menjadi streamers di IDN Live membuka peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Aih, cuan, guys! Selagi halal dan caranya benar, jangan sampai dilewatkan peluang ini, apalagi kan di tahun yang katanya akan resesi.

Intinya sih, ketiga fitur ini diharapkan dapat semakin mempermudah content creator untuk melakukan live streaming di IDN Live. Dan kedepannya, IDN Media tak akan bosan untuk terus berinovasi dengan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya Millennial dan Gen Z.

4. Menumbuhkan creator economy melalui ICE

Creator economy tuh apa, sih?

Jadi, Creator economy adalah industri yang melibatkan content creator atau influencer untuk memasarkan produk dan jasa dari brand ke konsumen.

Sekarang ini, creator economy juga semakin berkembang, terlihat dari perilaku Millennial dan Gen-Z yang masih menganggap penting hubungan kreator dengan suatu perusahaan dalam keputusan mereka membeli produk dan jasa.

Kabar baiknya, IDN Media akan mengembangkan ekonomi kreator baik dalam bentuk marketing maupun bentuk lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy) di tahun 2023 ini.

ICE sendiri merupakan platform kreator terbesar di Indonesia, lho. ICE memiliki visi untuk mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi.

Saat ini pula, ICE telah menawarkan berbagai layanan yang ciamik seperti content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development.

Bahkan di tahun 2023 ini, ICE juga akan meluncurkan platform website yang nantinya dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator. Aih, mantap betul!

 

5. Tetap optimis proyeksikan pertumbuhan di tahun 2023

Berdasarkan survei resesi dari Bloomberg, Indonesia dianggap memiliki potensi mengalami resesi cukup rendah dibandingkan negara lain, yaitu sebesar 3%. Alhamdulillah, yah.

Tapi, walaupun prediksinya demikian, kita harus tetap waspada, jangan sampai terlena. Untuk itu tidak heran, jika kondisi ini tetap diantisipasi banyak perusahaan, termasuk IDN Media.

Pasalnya, perubahan roda perekonomian akan memberikan dampak pada siapapun di sektor mana pun termasuk IDN Media yang notabene bergerak di bidang media dan mengandalkan iklan sebagai salah satu pendapatan perusahaan. Karena kemungkinannya di saat resesi, sebuah kewajaran jika klien cenderung akan melakukan efisiensi biaya. Dan efisiesnsi itu biasanya dimulai dari mengurangi biaya pemasaran, sehingga otomatis industri media pun mau tidak mau akan terkena dampaknya.

Namun, kabar gembiranya, berdasarkan hasil berbagai proyeksi dan analisis, tahun 2023 Indonesia diprediksi masih akan terus bertumbuh dan berkembang sehingga kemungkinan di tahun depan IDN Media masih akan berada dalam mode berkembang, tetapi tetap berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian. Iya dong, harus hati-hati. Karena hati-hati adalah koentji.

Pun di tahun 2023 ini, IDN Media akan terus fokus menciptakan nilai tambah bagi seluruh stakeholder. Kenapa begitu? Karena kembali lagi, mengingat visi IDN Media untuk mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, maka langkah-langkah ini perlu dilakukan.

Gitu, guys.

Jadi gimana? Kalau IDN Media saja sudah punya strategi atau langkah-langkah yang disusun untuk menghadapi tahun 2023, kamu sudah belum, kawan? Kalau belum, yuk mulai nyusun, jangan mager, hihihi.

 

 

 

 

You Might Also Like

0 komentar