Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2016

Aleppo, Timnas dan Secangkir Tanda Tanya

Secangkir kopi seven elemen karya anak bangsa, sudah terhidang di depanku. Kusesap perlahan. Kunikmati dalam-dalam. Efeknya menenangkan. Tetapi, memang tak bisa menghalau tanda tanya besar dalam diriku terhadap banyaknya fenomena yang juga terhidang di depan mata.



Aku terhenyak. Membaca kabar. Aleppo semakin mengenaskan. Rezim Assad semakin mengerikan. Hak Asasi Manusia sudah tak lagi diindahkan. Keadaannya sudah berada di luar batas akal dan jiwa sehat kemanusiaan. Anak-anak yang tiada berdosa, wanita-wanita muslimah yang teraniaya, dan orang-orang mukmin semuanya dibantai begitu keji oleh pemimpin yang berdarah syi’ah laknatullah itu, dibantu oleh sekutu-sekutu vampirnya. Kita sudah tahu, siapa saja sekutunya, antara lain : Rusia, Cina, dan Iran. Mereka punya nafas yang sama. Komunis.

Dan aku lebih terhenyak, ketika mengetahui, kepala negara dari muslim terbesar di dunia, mengambil langkah ‘abstain’ saat voting untuk membela kaum yang tertindas lahir batin di Aleppo sana. Dengan dal…

Selarik Asa Untuk Panglima

Sesak hati kami dikepung kabut asap
Penguasa bertopeng malaikat membuat dada pengap
Mata kami buram: silau pencitraan seolah cahaya itu nyata
Semakin sesak rasanya dada: itu hanya ilusi semata

Ketika Penyanyi Kehilangan Pemimpin Yang Dicintainya Di Negara Antah Berantah

Di sebuah negara antah berantah, para penyanyi dari seluruh mancanegara mendadak berkumpul, kabarnya mereka mencari seseorang

Ayu ting tong yang sudah lebih awal berkiprah di bidang pencarian tiba2 menangis.

~kemana... kemana... kemana... ku haruuuus mencariii kemanaaa... presiden tercintaaa tak muncul wujudnyaaaa saatku ingin menemuinyaaaaa ~

Tips Backpakeran Ke Bandung

Guys, pernah enggak sih, ngalamin kondisi galau begini: kita punya budget yang enggak banyak, tapi tetap ingin berwisata atau berlibur?

Pasti pernah, ya? Atau lagi ngalamin sekarang? Hehe. Tenang. Jangan bingung, ya. Di sini ada solusinya.

Karena memang liburan adalah hak setiap bangsa. Betul kan?

Serba-serbi Tips Pembuatan E-KTP di Karawang

Tulisan ini, lanjutan dari pengamatan dari Suka Duka Pembuatan E-KTP di Karawang
Jadi prosesnya,  begini.

Suka Duka Pembuatan E-KTP di Karawang

Heboh.  Akhir-akhir ini masyarakat (sebagian) yang belum mendapatkan E-KTP memburu lembaga kepengurusan penduduk.

Pasalnya, beberapa waktu yang lalu, Mendagri mengeluarkan ultimatum, barangsiapa yang belum merekam/mendata E-KTP sebelum tanggal 30 September 2016, maka segala hal yang menyangkut administrasi yang bersangkutan akan tidak diberlakukan.

Wadaw.

Potret Hari Jadi Karawang Ke 383

383, bukan angka yang pendek. Ada banyak proses yang dilalui di dalamnya. Jatuh bangun. Derai air mata. Gelak tawa. Putus asa. Derap harap. Pro kontra. Kalah menang. Dan

Dua hal yang harus kamu tahu, Nak.

Di dua tahun usiamu ini, barangkali kau masih terlalu kecil untuk bisa membaca, namun izinkan mami mengutarakan sesuatu, yang suatu saat akan kau pahami, anakku sayang.
Fatimah Salsabila Azizah…
Tak terasa, dua tahun sudah kau tumbuh.
Terima kasih sayang, sudah hadir di kehidupan mami dan kami semua.
Terima kasih sayang, atas segala tingkah laku mu yang lucu, menggemaskan dan sesekali mengesalkan, hahaha.
Terima kasih sayang, dari mu, mami belajar untuk terus menyuburkan syukur. Karena, suatu saat kau akan tahu nak, bahwa syukur adalah daya tahan jiwa yang paling ampuh menghadapi dunia yang gaduh.
Terima kasih sayang, dari mu, mami belajar untuk terus memupuk sabar. Karena, suatu saat kau akan tahu nak, bahwa sabar itu imun yang paling penting bagi jiwa setelah syukur.
Terima kasih sayang, dari mu, mami tahu bahwa selalu ada pengorbanan untuk cinta. Dan suatu saat kau akan tahu, nak. Semua yang orangtuamu pernah lakukan tak lain adalah karena kami senantiasa terus belajar mencinta…

Pelajaran Dari Kartu SD

Ketika memulai menulis ini, saya sedang dalam perjalanan di Bandung. Sedikit macet di jalan Holis, karena kita cukup molor dari jadwal yang seharusnya.

Saya bisa menulis ini setelah kisah drama kartu SD alias kartu memori hape, yang membuat saya berhari-hari kemarin cukup sesak. Karena, kartu SD saya yang kemarin itu RUSAK. Sayangnya, saya belum sempat mem-backup data-data yang ada di dalamnya. Termasuk foto-foto bocil saya yang aktif, dan banyak file penting lainnya. Hiks. *GigitSpion*

Review film Kungfu Panda season 3

Penguin VS Gurita [Review Film]

Review Film Penguins Of Madagascar

Nonton film ini, sumpah bikin saya ngakak, merenung sekaligus tertohok. Film animasi yang saya tonton ini menghadirkan kisah petualangan beberapa ekor Penguin.

Dibuka dengan percakapan tak penting namun bermakna dalam dari Skipper dan Richo juga Kowalski saat mereka masih menjadi penguin kategori remaja. Mereka bertiga benar-benar antimainstream. Di saat penguin lain berjalan ikut-ikutan tanpa tahu arah dan tujuan yang jelas, Skipper justeru mempertanyakan esensi dari apa yang mereka lakukan.
Pada episode ini, saya tersentil. Kita ini manusia, seringkali seperti penguin-penguin itu. Ikut-ikutan semata. Padahal, apa yang kita ikuti, tidak jelas arah dan tujuannya apa. Padahal bisa jadi, di ujung sana adalah jurang.
Saat Skipper dan Kedua CS nya berbincang-bincang tentang apa sebenarnya fungsi dari sayap mereka, dan akhirnya mereka menemukan fungsi lain, tiba-tiba ada sebutir telur yang menabrak mereka. Telur itu terus bergulir sampai jauh. Sampai akhir…

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Ramadhan

Bulan suci nan penuh berkah sebentar lagi tiba. Karenanya, sebagai muslim dan muslimah kece, kita harus bergembira menyambut ramadhan. Kenapa begitu? Karena, bulan ramadhan ini adalah bulan di mana segala amal dibalas dengan berlipat ganda, namun jangan lupa, syarat dan ketentuanya berlaku, ya. ^_^
Bahkan, Rosulullah saw., pernah bilang seperti diriwayatkan oleh Ath-Thabrani, “Andaikan para hamba mengerti kebaikan yang ada di dalam Ramadhan, niscaya umatku menginginkan Ramadhan sepanjang tahun”
Wow! Berarti memang kita pantas bergembira menyambut bulan suci ramadhan, karena di dalamnya amat sangat melimpah kebaikan dan keberkahan.
Nah, jadi bukti kita bergembira itu apa?

Kapal Telah Berlayar ke Samudera

Biarkan jiwamu dan jiwaku menyatu
Kita menari riang di atas cinta yang syahdu
Biarkan bahagia ini terus dijaga di dalam kalbu
Karena Allah telah menghalalkan engkau untukku, dan aku untukmu
~Djayanti Nakhla Andonesi~

Menjadi mempelai wanita dan pria, dalam satu kursi pelaminan yang sama, dalam ijab dan kabul yang menggema hingga ke langit-Nya, adalah naluri sekaligus dambaan seluruh insan yang nalar pikirnya masih terjaga.

Karena, cinta dan nafsu adalah dua hal yang tak sama namun tipis sekali bedanya. Maka cinta yang sebenarnya, adalah yang mendahulukan petunjuk-Nya, ketimbang bujukan mantan penghuni surga yakni syaithon namanya.

Bukanlah cinta, bila seorang insan mencumbu yang bukan mahramnya. Bukanlah sayang bila insan memadu kasih sebelum halal menggenapinya. Karena cinta yang sebenernya, akan lebih dulu mengikuti panduan Yang Maha Memiliki Cinta.

Maka berbahagialah. Bila insan

Say Hello (again)

Wah, sudah lama juga ya, saya tidak menengok ‘rumah’ ini. Banyak faktor, memang.
Pertama, dari bulan maret akhir sampai april, saya riweuh pindahan rumah dalam arti sebenarnya. Kedua, dari pindahnya saya tersebut, saya juga riweuh untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Ketiga, ada hal-hal lain yang tidak bisa saya sebutkan di sini yang menyebabkan saya amat sangat riweuh. Sehingga, saya pun merelakan blog ini sepi dalam beberapa dekade, halah. Hehehe.
Dan sekarang, tanpa ingin berjanji karena khawatir mengingkari, saya akan berusaha untuk menulis lagi. Kawan, ternyata menulis memang salah satu terapi untuk mengurai berbagai macam perasaan termasuk spam-spam di pikiran yang tak sebaiknya di pendam. Hehehe.
Benar, kata seorang teman saya, menulis bisa membantu pikiran tetap 'waras'. Dan, sebelum saya menjadi tidak 'waras', saya akan menulis lagi. Semoga konsisten sih, Hahaha.
Baiklah, tidak ingin berpanjang kalam, saya sudahi dulu say hello setelah beberapa dekade sa…

Pendahuluan Tulisan

Bab 1
(Pendahuluan)

1. Iqra! Iqra bismirobbik!

Bacalah! Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu, Allah!

Mendahulukan untuk menyebut nama Allah dalam aktifitas apapun merupakan langkah kebaikan. Merupakan sikap orang beriman.

Mendahululan untuk menyebut nama Allah dalam kegiatan kita, akan membuat kita selalu sadar, bahwa kita selalu diawasi oleh Allah Swt., kapan pun dan di mana pun. Sehingga, akan terasa tidak wajar bila kita melakukan perbuatan yang dimurkai-Nya.

Mendahulukan untuk menyebut nama Allah dalam setiap hembusan nafas kita, berarti melatih jiwa kita untuk selalu menyadari, bahwasannya tak ada daya dan upaya sedikitpun selain dari daya dan upaya yang berasal dari kekuatan-Nya.

Mendahulukan untuk selalu, dan selalu menyebut nama Allah, dalam setiap detak jantung kita, berarti mendidik jiwa kita, agar senantiasa dekat dengan-Nya. Karena hanya orang-orang yang dekat dengan-Nya lah yang mampu melihat keagungan dari tanda-tanda kebesaran-Nya, yang mampu meresapi setiap hikmah dan …

Ketika Saya Menulis

Ada banyak hal yang membuat saya terdorong untuk menulis.
Pertama, dari kecil saya memang senang sekali menulis.
Bahkan saya dan teman segenk (halah segenk :D masih pada krucil juga :D), sempat membuat 'buku' yang isinya adalah cerita yang kita karang sendiri. Istilahnya buku Trio. Karena waktu itu kita menulisnya bertiga.
Tentunya isinya jauh dari tata cara menulis novel yang baik dan benar, wong masih SD, hehehe.
Selain buku Trio,

1-7-09 ~ 26-02-16

Saya mengawali tulisan ini dengan menghembuskan nafas berkali-kali. Bukan, bukan karena saya merasa keberatan. Melainkan hanya ingin menenangkan diri sendiri, karena biasanya saya baper luar biasa. Hahaha. Buktinya, sejak dua hari yang lalu setiap saya pamit, pasti reumbay. Padahal belum tentu juga yang saya pamitin merasa kehilangan saya, eh. Hehehehe.

But. It’s oke.

Resensi Novel Yang Ditakdirkan Juara 2 Indiva, Alhamdulillah

Siang hari, ketika saya dan keluarga sedang berkumpul di suatu tempat, saya mendapat notifikasi email, tanggal 31 Januari 2016. 
Saya terhenyak,

Nyesel Deh Kalau Enggak Mengunjungi Tempat Wisata Karawang Ini!