UPgrade diri dengan resolusi, upgrade IDN Live dengan Live Streaming

Desember 20, 2022

 

 

Sudah akhir tahun lagi nih. masyaAllah enggak berasa, perasaan baru kemarin memasuki tahun 2022, eh sekarang udah mau menjelang 2023 saja. Duh, apa kabar resolusi tahun 2022? Sudah kah terlaksanakan? Atau sudahkah dilaksanakan? Saya sendiri agak gigit jari sih, karena belum semua terlaksana dan bahkan masih ada ‘PR’ resolusi dari tahun sebelumnya, ya ampun kebangetan sih saya ini resolusi aja ampe ‘ditunggak’, ahahahaha. Semoga yang baca tulisan ini pada rajin-rajin ya, jangan suka nyontoh yang ‘nunggak-nunggak resolusi’ macam saya. Wkwk.




Tapi, jujur ya, resolusi itu penting enggak penting sih. Penting untuk dijalankan, dan enggak penting kalau cuma dipajang doang. Wkwk. Cuma minimal, dengan nulis resolusi, kita jadi punya ancang-ancang perbaikan diri, entah dari segi apapun. Kita jadi punya rencana yang jelas, ke depan tuh mesti kayak gimana. Baik dari sisi spiritual, emosional, finansial, dan lain-lain.


Intinya kita harus menyiapkan diri kita dengan berbagai upgrade. Jangan cuma teknologi doang yang diupgrade, tapi skill dan mental kita juga perlu di upgrade. Masa manusia kalah dengan handphone? Handphone aja sering diupgrade, masa mental dan skill manusia gitu-gitu aja? #nasehatin diri sendiri.


Yup, kata upgrade inilah yang biasanya selalu jadi motor untuk siapapun, entah itu personal atau lembaga untuk menjadi lebih baik. Dan resolusi bisa jadi salah satu ‘bensin’ untuk kita bisa melaksanakan tujuan menjadi lebih baik itu. Maka dari itu, resolusi bukan sekedar untuk ditulis, tapi harus dilaksanakan juga #nasehatin diri sendiri (2)


Ibarat kendaraan, walaupun bensinnya ada, penuh bahkan, tapi kendaraannya enggak pernah dihidupkan untuk dijalankan walau sekedar nyari kopi misalnya, ya enggak akan kemana-mana jadinya, ya. Yang ada itu bensin lama-lama menguap, hihihihi.


Relate ya, sama resolusi. Kalau resolusi udah ditulis artinya bensinnya sudah terisi, tinggal di-on-kan kendarannya. Ngeng! Jalanin deh!

Walau pas jalanin resolusinya, mungkin enggak segampang yang dibayangin, atau enggak sesuai ekspektasi, tapi minimal kita sudah berhasil menghempaskan mager alias malas gerak. Soal nanti hasilnya gimana, ya enggak harus sempurna, kan bisa diperbaiki lagi, bisa di-upgrade lagi, bisa dimodifikasi lagi.

Sepakat enggak, teman-teman? Sepakat aja, gimana? Biar cepet, hahaha.


Nah, omong-omong upgrade, seperti yang saya bilang di atas, bahwa upgrade dibutuhkan bagi perorangan ataupun komunitas/kelembagaan/instansi/perusahaan dan sejenisnya, saya jadi teringat dengan salah satu media yang cukup aktif dalam meng-upgrade ‘diri’. Alias banyak mencoba inovasi pada platformnya. Yakni IDN Media.





IDN Media sekarang sedang gencar juga berinovasi, meng-upgrade medianya ke arah yang lebih baik lagi, salah satunya dengan mengadakan live streaming di platform-nya. Karena seperti yang kita ketahui bersama ya, zaman sekarang, di berbagai belahan dunia manapun, termasuk di Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan live streaming.


Apalagi pas zaman-zaman kopid alias sejak pandemi beberapa tahun lalu, yang membuat masyarakat agak terbatas untuk keluar ruangan atau ke ruang publik, karena harus tetap stay di dalam rumah. Sehingga agar tetap terhubung dengan pekerjaan, sekolah, atau kegiatan yang harus berinteraksi dengan orang lain akhirnya menggunakan internet, secara live, seperti zoom dll. Bahkan ketika tidak mengharuskan berinteraksi dengan orang lain pun, orang-orang lebih banyak mengakses internet di zaman sekarang.


Nah efek dari situlah, sekarang live streaming jadi makin populer. Tidak hanya untuk kalangan selebriti, selebgram, selebmeter #eh, siapapun sekarang tidak sungkan untuk menggunakan fasilitas tersebut. Bahkan, sekarang makin marak orang-orang yang menjadi konten kreator, dan salah satunya menggunakan fasilitas live streaming.


Apakah menjadi konten kreator adalah salah satu bagian dari reolusimu, kawan? Ups, hehhee. Enggak masalah lagi. Selagi kontennya berfaedah, lanjutkan! Tapi, kalau kontennya tidak bermanfaat, mending ternak kambing aja ya guys yaa...


 By the way, sempet kepikiran juga sih, kenapa ya, banyak orang menggemari konten live streaming? Oh bisa jadi karena format konten ini membuat para penontonnya atau audiens lebih mudah untuk berinteraksi secara langsung dengan streamer favorit mereka selama live berlangsung. Jadi kayak beneran ngobrol langsung dan spontan uhuy, eh spontanitasnya natural gitu ya.

Nah spontanitas streamer saat berinteraksi dengan penontonnya pun dapat menjadi hiburan. Apalagi kalau yang nontonnya udah kelewat ngefans, istilahnya momen garuk jidat aja kayaknya jadi momen yang ditunggu audiens saat live berlangsung, hihihi.

 



Bicara soal tren live streaming, kemarin IDN Media sudah ngobrol-ngobrol dengan COO IDN Media, William Utomo. Obrolannya tentu asik banget, terutama ya itu tadi, mengenai tren live streaming di Indonesia. William menjelaskan apa saja peran IDN Live, harapan besarnya agar platform live streaming milik IDN Media, bisa menjadi masa depan live streaming di Indonesia.


Nah berikut cuplikannya.


1. Konten live streaming makin diminati Gen Z


Ternyata, menurut data, konten live streaming semakin diminati semua kalangan, khususnya di kalangan Gen Z di Indonesia. Dan enggak dipungkiri juga sih, kalangan milenial dan bahkan milenium juga merasakan hal yang sama, hehehe.  


Tapi lebih jelas lagi, menurut riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan IDN Research Institute, sebagai generasi digital native saat ini Gen-Z semakin tertarik mengkonsumsi konten dengan format video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua dengan persentase 13% setelah video-based content (75%).


Walaupun awalnya lebih dikenal sebagai format konten yang menyajikan hiburan, konten live streaming sekarang mulai banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial atau menjalin interaksi dengan konsumen suatu brand. Alias bisa jadi peluang cuan!


Karena masif dan meningkatnya popularitas dan potensi live streaming di kalangan Gen Z di Indonesia membuat banyak pihak pembuat atau penyedia aplikasi mulai melirik dan mengintegrasikan berbagai format konten berbasis video ini ke dalam fitur mereka, pun begitu dengan IDN App melalui fitur IDN Live.


 

2. Perilaku penikmat konten live streaming yang unik


Enggak berasa, sudah genap satu tahun platform IDN Live hadir di IDN App. Para penikmat konten live streaming di IDN App pun semakin menunjukkan karakteristik tertentu saat melihat atau mengonsumsi konten. William menjuluki mereka sebagai micro community yang sangat loyal dengan streamer favorit mereka. Loyalitas tersebut terbukti dengan masa tonton atau durasi konten yang mereka suka.


“Mereka suka menonton berbagai macam konten,” kata William setelah meriset, “mulai dari konten bermain games, menonton video reaction, atau bahkan hanya mengobrol saja dengan streamer. Setiap harinya, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun panjang. Perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan penikmat konten lainnya,”


Waaah, jangan ditanya deh ya, kenapa bisa seloyal itu, karena orang Indonesia memang sudah punya gen loyal dari zaman dahulunya. Hehehe.

 

3. Berkolaborasi membangun ekosistem live streaming



Mengingat betapa besarnya pertumbuhan micro community ini, IDN Media tak segan-segan mengajak banyak pihak untuk turut meramaikan ekosistem live streaming di Indonesia, termasuk esports yang dikenal memiliki basis penggemar yang besar dan loyal. Untuk itu, tidak heran jika hingga kini, sudah banyak gamers dan tim esports bergabung di IDN App sebagai live streamers, seperti PAOXTIPI, Bigetron Esports, dan ONIC Esports. William pun memandang live streaming sebagai tempat berkumpul virtual.


Apakah ini yang dimaksud dengan silaturahmi mengundang rezeki? Hehehe.


 



 Live streaming itu sebenarnya,” jelas William, “ibarat nongkrong bareng di dunia nyata. Saat kita berkumpul dengan teman, jenis aktivitas apapun yang dilakukan bersama sangat digemari, misalnya bermain games bersama, menonton video lucu, atau bahkan sekedar berbincang dengan teman pun menjadi kegiatan yang seru. Bahkan bisa dibilang, saat ini konten live streaming yang sifatnya satu arah seperti cover lagu memiliki penggemar yang lebih sedikit dibandingkan konten dengan interaksi dua arah.”


 

Iya sih, kalau kita ngobrol dua arah emang lebih enak. Dibanding ngobrol satu arah, apalagi kalau dicuekin, duh itu mah enggak enak banget, hahaha.

 


4. Terus berinovasi untuk menguatkan micro community


Seperti yang sudah saya sebut diatas, IDN Media merupakan salah satu perusahaan media yang gemar berinovasi. Termasuk melalui fitur IDN Live ini, IDN Media berusaha menciptakan platform bagi streamer untuk berkarya secara positif, sekaligus menghadirkan hiburan yang menyenangkan dan aman bagi audiens yang nantinya akan menguatkan micro community.

 

Lebih lanjut dalam obrolan antara IDN Media dan William, beliau  menyampaikan harapan untuk IDN Live di masa depan.


“Harapannya,” ungkap William, “kami dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami pun sangat ingin mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming. Sementara untuk saat ini, IDN Live baru memiliki beberapa ratus streamer.”


“Namun ke depannya,” pungkas William,  “kami berharap dapat menjaring ribuan bahkan puluhan ribu streamer untuk membuat konten di IDN Live. Dan dengan konten yang lebih interaktif serta jumlah streamer yang lebih banyak, diharapkan micro community ini akan menjadi semakin solid. Kuncinya satu, yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community.”

Gitu, kawan-kawan.


Nah, jadi apa yang dijelaskan panjang lebar di atas adalah bagian-bagian dari upgrade yang telah dilakukan oleh IDN Media.

 


Sekali lagi, kita, sebagai personal, juga jangan mau ketinggalan untuk upgrade diri. Saah satunya dengan menjalankan resolusi yang telah dicanangkan. Karena kita tidak akan bisa kemana-mana, alias kita tidak akan bisa mencapai tujuan yang kita inginkan kalau kita diam saja di tempat alias tidak menghidupkan ‘kendaraan’ alias skill yang kita miliki.


Dan sebagai orang yang beriman, jangan lupakan juga keberadaan Tuhan, bagaimanapun hebatnya resolusi yang kita buat, lalu eksekusi yang kita jalankan, tetaplah harus berpegang pada koridor ‘tawakkal’ dan ‘doa’. Karena, dua kata terakhir ini, adalah esensi dari tujuan kita sendiri. 


 

jangan takut merencanakan sesuatu. namun, jangan lupa doa dan tawakkal. sehingga, saat rencana kita tak sesuai harapan, kita tak kehilangan arah. karena yakin, Allah lah sebaik-baik perencana. dan selalu apapun yang direncanakan Allah, selalu yang terbaik untuk kita, aamiin.


Semangat beresolusi, selamat berbenah diri, selamat bertawakkal dan teruslah berdoa pada Allah Robbul ‘izzati. 

You Might Also Like

0 komentar